1.
Menghitung RPE
(Rencana Pekan Efektif)
a.
Pengertian Pekan
Efektif.
Pekan efektif
adalah hitungan hari-hari efektif yang ada pada tahun
pelajaran berlangsung. Untuk menyusun
RPE yang harus dilihat dan diperhatikan adalah kalender
akademik yang sedang berlangsung yang menjadi
pedoman sekolah dalam menetapkan jumlah minggu / pekan efektifnya, Jadwal
pelajaran definitifnya dan juga kalender
atau almanak secara umum. ( contoh kalender akademik ada pada lampiran)
b.
Cara menghitung
pekan efektif.
Untuk lebih
memudahkan dalam menghitung jumlah pekan efektif dalam satu semester sebaiknya menentukan terlebih dahulu jumlah
hitungan hari hari efektifnya dalam satu semester. Sebagai contoh format
rincian hari efektif sebagai berikut :
RINCIAN HARI/PEKAN
EFEKTIF
|
|||||||||
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
|
|||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Smt
|
Hari
|
Bulan
|
Jumlah
|
||||||
Jul
|
Agt
|
Sep
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
|
|||
I
|
Sabtu
|
4
|
5
|
4
|
4
|
5
|
3
|
25
|
|
Ahad
|
4
|
5
|
4
|
4
|
5
|
3
|
25
|
||
Senin
|
4
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
25
|
||
Selasa
|
5
|
4
|
5
|
4
|
4
|
4
|
26
|
||
Rabu
|
5
|
4
|
4
|
5
|
4
|
3
|
25
|
||
Kamis
|
5
|
4
|
4
|
5
|
4
|
3
|
25
|
||
Total
|
27
|
26
|
26
|
26
|
26
|
20
|
151
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
RINCIAN PEKAN EFEKTIF ( RPE )
Satuan
Pendidikan : Madrasah Aliyah
Tabah Kranji
Mata
Pelajaran : SKI
Kelas
/ Semester : X / I
Alokasi
Waktu : 2
x 45
Menit
a.
Hari Mengajar ( Rabo )
Hari
|
Juli
|
Agst
|
Sep
|
Okt
|
Nop
|
Des
|
Jan
|
Jumlah
|
Rabo
|
5
|
4
|
4
|
5
|
4
|
3
|
-
|
25
|
Jumlah pekan dalam
semester :
Nomor urut
|
Nama Bulan
|
Jumlah pekan
|
1
|
Juli
|
5
|
2
|
Agustus
|
4
|
3
|
September
|
4
|
4
|
Oktober
|
5
|
5
|
Nopember
|
4
|
6
|
Desember
|
3
|
Jumlah
|
25
|
b.
Banyaknya Pekan
No
|
Bulan
|
Banyak Pekan
|
Banyak Jam
|
1
|
Juli
|
5
|
10
|
2
|
Agustus
|
4
|
8
|
3
|
September
|
4
|
8
|
4
|
Oktober
|
5
|
10
|
5
|
Nopember
|
4
|
8
|
6
|
Desember
|
3
|
6
|
7
|
Januari
|
|
|
Jumlah
|
25
|
50
|
c.
Banyak Pekan Tidak Efektif
Pekan tidak efektif adalah banyaknya pekan yang terdapat
dalam kalender pendidikan tetapi tidak dapat dipergunakan dalam kegiatan
pembelajaran / tatap muka terstruktur dalam melaksanakan kegiatan pelaksanaan
materi pembelajaran di kelas. Yang menentukan banyaknya pekan tidak efektif
adalah satuan pendidikan diselenggarakannya kegiatan pembelajaran tersebut.
Sebagai contoh yang disepakati oleh sekolah X sebagai pekan
tidak efektif adalah :
Libur menjelang dan sesudah hari raya = 5 pekan
Libur Akhir Semester = 1 pekan
Jumlah pekan tidak efektif
6 pekan
|
d.
Banyak Pekan Efektif
Jumlah semua Pekan dikurangi jumlah pekan tidak efektif=
Jumlah jam efektif
25 – 6 = 19 x 2 = 38 jam pelajaran
|
e.
Distribusi Alokasi Waktu
Pembangian
/ pendistribusian jumlah
pekan efektik ke dalam kegiatan-kegiatan pembelajaran selama semester berjalan.
Komponen dalam distribusi alokasi waktu mencakup kegiatan sbb:
UTS : 1 x
2 = 2
UAS : 1 x 2 = 2
Uji Kompetensi : 2 x
2 = 4
Cadangan : 1 x
2 = 2
Tatap Muka : 14 x 2 = 28
Pekan Efektif = 38 jam pelajaran