PORTOFOLIO
PENGERTIAN DAN PENERAPAN
STRATEGI, METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN
Nama : Rifqi rosyadi
Makul : Model dan Strategi
pembelajaran
Dosen : Imam Azhar, M. Pd.
A. Pengertian strategi
pembelajaran
Strategi pembelajaran dapat ditinjau berdasarkan pengertian
secara sempit dan pengertian secara luas. Secara sempit strategi pembelajaran
dapat diartikan sebagai cara yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Sedangkan secara luas strategi pembelajaran dapat diberi arti sebagai penerapan
semua aspek yang berkaitan dengan pencapaian tujuan pembelajaran termasuk
didalamnya adalah perencanaan, pelaksanaan dan terhadap proses, hasil dan
pengaruh kegiatan pembelajaran.
Berdasarkan kegiatan yang ditimbulkannya, strategi
pembelajaran dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu :
a.
Strategi Pembelajaran yang Berpusat pada Peserta Didik
b. Strategi Pembelajaran yang Berpusat pada
Pendidik
B. Model pembelajaran
Istilah metode berasal dari bahasa Yunani ”metodos”.
Kata ini terdiri dari dua suku kata yaitu :metha” yang berarti melalui atau
melewati, dan “hodos” yang berarti jalan atau cara.Metode berarti suatu
jalan yang dilalui untuk mencapai tujuan.Dalam bahasa Arab metode disebut “thoriqot”.
Sedangkan menurut Purwadaminta (1976),metode adalah
cara yang telah teratur dan terpikir baik-baik untuk mencapai sesuatu maksud.
The American Heritage mengemukakan bahwa metode adalah “ A means or
manner of procedure; Specially, a regular and systematic way of accomplishing
anything…Method emphasizes procedures according to a detailed, logically
ordered plan”(Moris,1976:826).Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa
Indonesia, metode adalah “cara kerja yang bersistem untuk memudahkan
pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai tujuan yang ditemukan.
Sehingga dapat dipahami bahwa metode adalah suatu cara
yang harus dilalui untuk menyajikan bahan pelajaran agar tercapai tujuan
pendidikan.
Klasifikasi Metode Pembelajaran
Secara garis
besar metode mengajar dapat diklasifikasikan menjadi 2 bagian yaitu :
a.
Metode mengajar konvensional.
b.
Metode mengajar inkonvensional.
Metode
mengajar konvensional yaitu metode mengajar yang lazim dipakai oleh guru atau
sering disebut metode tradisional. Sedangkan metode mengajar inkonvensional
yaitu suatu tehnik mengajar yang baru berkembang dan belum lazim digunakan
secara umum, seperti metode mengajar dengan modul, pengajaran berprogam,
pengajaran unit, machine program, masih merupakan metode yang baru dikembangkan
dan diterapkan di beberapa sekolah tertentu yang mempunyai peralatan dan media
yang lengkap serta guru-guru yang ahli menanganinya.
C. Teknik pembelajaran
Tehnik
pembelajaran adalah jalan, alat, atau media yang digunakan oleh guru untuk
mengarahkan kegiatan peserta didik ke arah tujuan yang ingin dicapai. Tehnik
pembelajaran memiliki beberapa macam salah satunya tehik penyajian (presentasi)
yang mencakup : ceramah, siaran televise
dan videotape, film dan slide, debat,
dialog, dan tanya jawab, symposium, panel, wawancara kelompok, demonstrasi,
percakapan, drama, rekaman, siaran radio, pementasan, kunjungan , dan telaah
bacaan.
Macam-Macam Tehnik Pembelajaran
Tehnik-tehnik pembelajaran
digolongkan oleh Knowles (1977;292-293) ke dalam tujuh jenis.
1.
Tehnik
penyajian (presentasi) yang mencakup : ceramah,
siaran televise dan videotape, film dan slide, debat, dialog, dan tanya jawab, symposium,
panel, wawancara kelompok, demonstrasi, percakapan, drama, rekaman, siaran
radio, pementasan, kunjungan , dan telaah bacaan.
2.
Tehnik pembinaan partisipasi peserta didik dalam
kelompok besar yang mencakup : Tanya jawab, forum, kelompok pendengar, panel
bereaksi, kelompok buzz, bermain peran dan panel berangkai.
3.
Tehnik untuk
diskusi yang mencakup antara lain : diskusi terbimbing, diskusi buku, diskusi
sokratik, diskusi pemecahan masalah, dan diskusi kasus.
4.
Tehnik-tehnik
simulasi yang terdiri antara lain atas : bermain peran, pemecahan masih kritis,
studi kasus, dan pelatihan keranjang (basket) .
5.
Tehnik-tehnik
pelatihan kelompok T (sensitivity training).
6.
Tehnik-tehnik pelatihan tanpa bicara.
7.
Tehnik-tehnik pelatihan keterampilan praktis dan
kepelatihan. Singkatnya, tehnik pembelajaran itu bervariasi, sedangkan
penerapannya dapat dipilih dan ditetapkan sesuai dengan metode pembelajaran
yang dipilih dan digunakan.