Informasi

MODEL MODEL PEMBELAJARAN

PORTOFOLIO
MODEL MODEL PEMBELAJARAN
NAMA         : RIFQI ROSYADI
MAPEL        : STRATEGI PEMBELAJARAN
DOSEN        : IMAM  AZHAR, M.Pd

A. PENGERTIAN
Model pembelajaran diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.[1]

1. Model Kontekstual
            Pembelajaran Kontekstual adalah konsep pembelajaran yang mendorong guru untuk menghubungkan antara materi yang diajarkan dan situasi dunia nyata siswa. Dan juga mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan ketiga mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam kehidupan.yang dimilikinya dan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.
Ada tiga hal yang harus dipahami. Pertama CTL menekankan kepada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi, kedua CTL mendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata,
1.a. kelebihandankelemahan
a. Memberikan kesempatan pada sisiwa untuk dapat maju terus sesuai dengan potensi yang dimiliki sisiwa sehingga sisiwa terlibat aktif dalam PBM.
b. Siswa dapat berfikir kritis dan kreatif dalam mengumpulkan data, memahami suatu isu dan memecahkan masalah dan guru dapat lebih kreatif
2.b.Kelemahan dari model pembelajaran CTL :
·         Dalam pemilihan informasi atau materi dikelas didasarkan pada kebutuhan siswa padahal,dalam kelas itu tingkat kemampuan siswanya berbeda-beda sehinnga guru akan kesulitan dalam menetukan materi pelajaran karena tingkat pencapaianya siswa tadi tidak sama
·         Tidak efisien karena membutuhkan waktu yang agak lama dalam PBM.

2. Model Pembelajaran Kooperativ
            Pembelajaran kooperatif adalah pendekatan pembelajaran yang berfokus pada penggunaan kelompok kecil siswa untuk bekerja sama dalam memaksimalkan kondisi belajar untuk mencapai tujuan belajar.
2.a.. kelebihan model pembelajaran cooperative
        mengajarkan siswa menjadi percaya pada guru
        kemampuan untuk berfikir
        mencari informasi dari sumber lain dan belajar dari siswa lain
2.b.. kekurangan model pembelajarankooperativ
·         Guru khawatir bahwa akan terjadi kekacauan dikelas. Kondisi seperti ini dapat diatasi dengan guru mengkondisikan kelas atau pembelajaran dilakuakan di luar kelas seperti di laboratorium matematika, aula atau di tempat yang terbuka.

3. Model Pembelajaran Kuantum
            Proses pembelajaran quantum teaching intinya pembelajaran yang menyenangkan, kreatif tidak membosankan. Kalau semua itu tidak tercapai, guru harus ganti strategi dengan menggunakan multi media, sehingga membuat pembelajaran lebih efektif, proses belajar saat ini boleh dikatakan aktif, partisipatif, konstruktif, komunikatif dan berorientasi pada tujuan.[2]

3.a. kelebihan
·         Pembelajaran kuantum berpangkal pada psikologi kognitif, bukan fisika kuantum meskipun serba sedikit istilah dan konsep kuantum dipakai.
·         Pembelajaran kuantum lebih bersifat humanistis, bukan positivistis-empiris, “hewan-istis”, dan atau nativistis.
3.b.kekurangan
·         Membutuhkan pengalaman yang nyata
·          Waktu yang cukup lama untuk menumbuhkan motivasi dalam belajar
·         Kesulitan mengidentifikasi ketrampilan siswa.
4. Model pembelajaranTematik
            Pembelajaran tematik adalah pembelajaran terpadu yang menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran sehingga dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada siswa, Tema adalah pokok pikiran atau gagasan pokok yang emnjadi pembicaraan.
5. Model pembelajaranPaikem
            PAIKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan.
Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. [3]



[2]Bobbi de porter, Quantum teaching “mempraktikan quantum learning di ruang-ruangkelas” hal 37
[3]machdans-modelmodelpembelajaran.blogspot.com